...Selamat Datang di MODUL NANANG...

Bahaya Makanan Cepat Saji

          Makanan cepat saji sekarang ini sudah menjadi makanan konsumsi harian. Mungkin karena gaya hidup di jaman modern segala sesuatu serba ingin cepat dan praktis. Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis  makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana. Padahal makanan cepat saji memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika sering dikonsumsi. Terbukti makanan cepat saji sebagai pemicu datangnya berbagai penyakit.

          Makanan cepat saji memiliki ukuran porsi lebih besar dari makanan sehat lainnya. Ukuran porsinya, bisa dua sampai tiga kali lipat lebih besar dari makanan lainnya. Jika Anda tahu fakta ini, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk menghindarinya. Dan perlu Anda tahu, porsi lebih dari makanan cepat saji tak hanya membuat bobot tubuh cepat bertambah tapi juga memicu tingginya nafsu makan.



          
          Tak hanya junk food atau makanan cepat saji, makanan yang diolah dengan cara digoreng pun kini menjadi makanan yang sudah membudaya. Gorengan sepertinya sudah menjadi makanan yang identik dengan masyarakat. Yang kita tahu olahan gorengan mengandung kolesterol.

          Bagi Anda penggemar fast food saat ini mulai berhati-hatilah dengan makanan yang instan / cepat saji. Karena menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan. Didalam makanan cepat saji terkandung zat-zat berbahaya seperti zat pewarna, pengawet (MSG), pemanis, dll. Tentu zat-zat tersebut tak layak jika masuk ke dalam tubuh. Kemudian mengandung kolesterol dan kalori yang cukup tinggi merupakan penyebab kegemukan dan berbagai gangguan metabolisme dan jantung.


Pencegahan dampak negatif

          Bagi Anda yang tidak ada pilihan selain makan makanan fast food berikut cara mengatasinya. Anda harus mengurangi konsumsi atau tidak sama sekali. Untuk asupan penyeimbang banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta vitamin yang cukup. Karena tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh yang bersifat merusak sel-sel tubuh. Memberi pengertian pada diri sendiri dan komitmen mengatur pola makan dan menerapkan pola hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More